Kredit Cepat vs Kredivo, Mana Bunga Paling Rendah?

0 Comments

Kredit Cepat adalah salah satu perusahaan keuangan berbasis teknologi yang sudah terdaftar di OJK dengan nama perusahaan PT Alfa Fintech Indonesia. Kredit Cepat terdaftar di OJK dengan nomor registrasi S-389/NB.213/2018 tanggal 8 Juni 2018. Kredit Cepat menawarkan bunga 0% untuk pinjaman pertama kali dengan plafon pinjaman hingga Rp8 juta.

Sementara Kredivo sudah lama dikenal sebagai penyedia layanan pinjaman tanpa kartu kredit berbasis aplikasi. Kredivo sudah terdaftar dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai perusahaan multifinance dengan nomor KEP-257/ NB.11/2020 tanggal 22 September 2020. Kini Kredivo menawarkan bunga 0% untuk cicilan belanja dengan tenor 3 bulan. Nasabah hanya cukup membayar biaya admin saja sebesar 1% per bulan dari pokok pinjaman.

Lalu, kira-kira jika dengan pinjaman normal, berapa sebenarnya bunga Kredit Cepat vs Kredivo? Mana diantara keduanya yang menawarkan bunga paling rendah? Simak ulasannya berikut ini ya.

  1. Syarat pengajuan pinjaman
  2. Plafon pinjaman dan tenor pinjaman
  3. Suku bunga pinjaman untuk semua produk
  4. Kelebihan masing-masing platform

1. Syarat pengajuan pinjaman

Secara umum persyaratan untuk pengajuan pinjaman lewat fintech sebenarnya hampir sama. Perbedaan tidak terlalu signifikan. Namun demikian, kita coba ulas apa saja persyaratan pengajuan pinjaman dari masing-masing platform.

Syarat pinjaman Kredit Cepat;

  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Memiliki nomor handphone yang benar dan sah.
  • Memiliki E-KTP yang masih berlaku.
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi untuk proses transfer dana.

Syarat pinjaman Kredivo;

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Dari perbandingan tersebut, Kredit Cepat memberikan prasyarat yang masih cukup general. Sementara untuk persyaratan Kredivo sudah cukup spesifik terutama jangkauan sesuai domisili serta kepastian calon nasabah memiliki sumber penghasilan tetap dengan batas minimum tertentu. Kondisi tersebut membuat nasabah memiliki kepastian ketika mengajukan pinjaman. Jika syarat dasar tersebut tidak bisa dipenuhi, artinya belum memenuhi syarat administrasi awal sehingga prosesnya pun lebih terbuka dan transparan. 

2. Plafon pinjaman dan tenor pinjaman

Plafon pinjaman yang ditawarkan oleh Kredit Cepat mulai dari Rp2 juta sampai dengan maksimal Rp8 juta. Sementara untuk plafon pinjaman yang ditawarkan oleh Kredivo untuk member basic maksimal Rp3 juta, sementara untuk member premium maksimal sampai dengan Rp30 juta. 

Dari perbandingan tersebut, jika ingin melihat jumlah plafon yang diberikan, tentu lebih besar plafon yang ditawarkan oleh Kredivo. Namun demikian, plafon pinjaman tersebut tetap diberikan bergantung pada skoring calon debitur. Jika skoringnya sesuai dengan standar, maka debitur bisa mendapatkan plafon sampai dengan Rp30 juta, Sebaliknya jika skoring belum memenuhi standar, maka ada batasan tertentu plafon yang diberikan. Singkatnya, plafon pinjaman akan disesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing nasabah. 

3. Suku bunga pinjaman untuk semua produk

Bunga Kredit Cepat mematok persentase tahunan (APR) 24% – 36%. Sedangkan dengan persentase tahunan yang sama, Kredivo mematok persentase tahunan (APR) 53,36%. Terkesan masih lebih tinggi Kredivo. Kita coba bandingkan dengan simulasi pinjaman dari masing-masing platform dengan pinjaman Rp1 juta tenor 95 hari atau 3 bulan.

Jika meminjam lewat Kredit Cepat, nasabah wajib membayar komisi sebesar Rp760 ribu. Jadi, pada saat jatuh tempo, total biaya yang harus dibayarkan beserta pokok pinjamannya sebesar Rp1.760.000.

Jika meminjam lewat Kredivo, nasabah akan menerima dana Rp940.000. Karena ada potongan biaya admin di muka 1x dari pokok pinjaman sebesar 6%. Kemudian bunga pinjaman sebesar 2,6% per bulan. Maka pada saat jatuh tempo, total bunga pinjaman yang harus dikembalikan adalah Rp26.000 x 3 = Rp Rp78.000. Kita jumlahkan bunga bulanan yang harus dibayar beserta biaya admin menjadi Rp138.000. Artinya pada saat jatuh tempo, jumlah pengembalian pokok pinjaman sebesar Rp1 juta, bunga dan biaya admin sebesar Rp138.000.

Dari simulasi tersebut, total bunga dan biaya admin yang dibayarkan dengan menggunakan platform Kredivo masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan total komisi yang harus dibayarkan dengan menggunakan Kredit Cepat. Artinya, bunga pinjaman Kredivo masih jauh lebih ringan, terjangkau, dan lebih rendah dibandingkan dengan Kredit Cepat. Sangat mudah bukan untuk membandingkannya?

4. Kelebihan masing-masing platform

Platform Kredit Cepat menawarkan salah satu kelebihan yaitu pinjaman pertama dengan bunga 0%. Proses pencairan dana pun diklaim cair dalam waktu 1 hari saja. Dari sisi tenor pinjaman tidak terlalu fleksibel karena maksimal hanya dibatasi sampai dengan 120 hari.

Kredivo menawarkan kelebihan seperti pinjaman tanpa bunga dalam waktu 30 hari atau belanja tanpa bunga dengan tenor 3 bulan. Untuk pembelian minimal mencapai Rp500 ribu dalam satu keranjang yang sama. Soal tenor pun cukup fleksibel, untuk belanja online dengan metode cicilan diberikan tenor maksimal sampai dengan 12 bulan. Sementara untuk pinjaman tunai diberikan tenor maksimal sampai dengan 6 bulan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *