Perbedaan Warna Pada Paprika

0 Comments

Paprika merupakan salah satu bahan masakan yang sudah tidak asing lagi ditelinga.  Paprika dikenal dengan rasa  yang manis maupun pedas.  Bagi yang sering membeli paprika akan menemukan setidaknya tiga warna sayur yang berbeda.

Walaupun warnanya berbeda sebenarnya tiga warna itu berasal dari tanaman yang sama yang membedakannya adalah kondisi. Setidaknya dalam beberapa masakan  biasanya digunakan dua jenis paprika. Pemakaian seperti ini diyakini membuat campuran rasa baru pada masakan.

Meskipun sebenarnya masih tanaman yang sama, ada perbedaan yang mendasar dari ketiga paprika tersebut, apa sajakah perbedaanya akan dibahas di bawah ini

Tingkat kematangan

Perbedaan yang paling mendasar dari warna paprika adalah tingkat kematangannya. Seperti tanaman lainnya paprika bisa saja berubah warna selama masih ada di pohonnya.  Paprika pun bisa berubah menjadi warna orange dengan tingkat kematangan tertentu.

Jika berwarna hijau berarti menandakan paprika tersbut belum terlalu matang pada saat dipanen. Warna hijau adalah warna yang pertama muncul pada saat mulai berbuah. Setelah mulai matang, paprika akan berubah menjadi kuning cerah.

Bila didiamkan beberapa lama warna kuning itu akan menjadi orange. Dan bila benar-benar matang, warna paprika akan menjadi warna merah

Rasa paprika

Soal rasa karena belum matang, paprika hijau mempunya rasa yang paling pahit diantara paprika lainnya. Anak-anak jarang menyukai paprika ini karena pahit. Namun tetap saja banyak digunakan pada berbagai resep makanan.

Paprika kuning mempunyai rasa yang manis dari tingkat kematangannya sudah cukup itu sama saja dengan paprika warna merah karena sudah benar-benar matang  maka rasanta akan terasa sangat manis.

Kandungan Nutrisi

Nutrisi  dari masing-masing paprika ternyata berbeda juga. Paprika yang hijau  memiliki kandungan vitamin yang banyak utamanya vitamin A, namun paprika hijau sudah mengandung vitamin C yang tinggi.

Kandungan gizi pada paprika kuning lebih pas karena Kandungan A dan C pada jenis ini sudah jauh lebih baik karena lebih matang. Berbeda dengan paprika warna  merah  kandungannya lebih tinggi  dari jenis lainnya. Karena warnanya merah membuat antioksidan yang dikandung lebih banyak,  dan dipercaya  bagus melindungi tubuh dari radikal bebas dan mencegah pertumbuhan kanker.

Penggunaannya pada makanan

Akibat perbedaan warna paprika  juga berpengaruh pada penggunaannya pada masakan. Namun masih ada yang mengkombinasikannya untuk memberika rasa dan tampilan yang berbeda.

Perpaduan antara paprika hijau dan merah dalam satu piring yang paling sering didapati walaupun memiliki dua jenis yang benar-benar berbeda.

Paprika kuning biasanya digunakan pada sajian yang manis dan jua gurih seperti contoh salad sayut karena mengandung berbagai manfaat kandungan yang menyehatkan. Warna kuning membuat tampilan salad lebih menggugah selera. Sekian perbedaan dari tiga warna paprika yang sering dijumpai di pasaran mau paprika yang mana pun semunya mengandung banyak vitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *