6 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

0 Comments

5 Manfaat Menarik Meditasi, Bisa untuk Mengisi Waktu Luang Saat Puasa 

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam dan hukumnya wajib berdasarkan dalil dari Al Quran, As-Sunnah dan ijma’ (kesepakatan seluruh ulama).

Allah Ta’a’la berfirman :

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan ata orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang telah ditentukan. Maka siapa di antara kamu yang sakit atau dalam perjalanan jauh (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang-orang yang berat menjalankannya (orangtua dan orang sakit yang tidak diharapkan lagi kesembuhannya, yang tidak mampu berpuasa, jika mereka tidak berpuasa) wajib membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin (untuk setiap satu hari puasa yang ditinggalkan). Barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil). Karena itu, barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Allah menghendakai menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Al Baqarah : 185-185).

Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“Islam dibangun di atas lima rukun : Syahadat Laa ilaaha illallaah dan Muhammad Rasulullah, menegakkan sholat, menunanikan zakat, berpuasa Ramadhan dan berhaji ke baitullah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Selain memiliki keutamaan dengan pahala yang luar biasa, puasa Ramadhan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain :

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat berpuasa yang pertama adalah dapat meningkatkan metabolsime tubuh. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa puasa sunnah Senin dan Kamis ini bisa meningkatkan metabolisme dengan menaikkan kadar neurotranslisme atau epinefrin. Sehingga kondisi ini telah terbukti efektif menurunkan berat badan.

  • Membantu Regenerasi Sel

Manfaat puasa Ramadhan berikutnya adalah dapat membantu proses regenrasi sel dalam tubuh. Saat menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh anda akan melakukan proses regenrasi (pembaruan sel) dengan baik.

  • Mengontrol Gula Darah

Ternyata dengan berpuasa dapat mengontrol gula darah yang sangat berguna bagi anda yang berisiko menderita diabetes. Dimana, berpuasa secara intermiten jangka pendek dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa sebagian sampel berhasil menurunkan kadar gula darah dalam waktu cukup singkat setelah berpuasa. Selain itu, berpuasa juga bisa mengurangi kadar insulin serta sel glukosa dalam darah bergerak secara aktif.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan berpuasa adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas tubuh yang semakin meningkat, tentunya kondisi ini membuat anda lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

  • Detoksifikasi Tubuh

Pada saat anda menjalankan ibadah puasa, sejatinya tubuh anda sedang melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat / racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

  • Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa bisa sangat bermaanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya, puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *