Kredivo dan Uang Teman: Perbandingan Suku Bunga & Cara Ajukan Pinjaman

0 Comments

https://lh5.googleusercontent.com/Lk1cEo50r2U6idjhLSUDBBt_iJeQ_wmtYCKCsrAMiYqCCJhmTAv4odK06g2Qwq96oZmYYpr5-KGPZ9QBiyWQx4vM2hxqh3y8nSVvP85Y-ETyNHczB1ZKrBor4qLU3oP1N8cp4tgf

Waktu lagi butuh pinjaman uang dalam tempo cepat, saya langsung aja kepikiran buat ngajuin di fintech. Nggak perlu ada rasa nggak enak, nggak pake ribet, dan yang pasti jaminan diterimanya cukup tinggi. Asalkan kita mampu bayar dan tanggung jawab, saya pikir gak bakal ada masalah. 

Tapi, saya juga nggak asal pinjam uang ke fintech. Apalagi yang ilegal. Buat saya, keamanan dan pilah-pilih tetap nomor satu. Selan ngecek di Google dan Google Play Store, saya juga cek di situs OJK apakah fintech yang saya pilih benar udah terdaftar atau belum. Supaya lebih valid. 

Pilihan saya buat fintech pinjaman uang saat itu jatuh ke Kredivo dan Uang Teman. Selain karena punya rating dan ulasan yang cukup bagus di Google Play Store, Kredivo dan Uang Teman juga fintech yang udah lama ada, bukan baru-baru ini. Buat saya, jadi lebih meyakinkan.

Nah, antara Kredivo dan Uang Teman, menurut saya punya keunggulannya masing-masing sebagai fintech baik dari segi limit pinjaman, suku bunga, tenor, dan lain-lainnya. Kali ini saya bakal mengulas apa aja yang saya bandingkan dari dua fintech pinjaman uang populer ini sebelum memilih salah satunya. 

Produk pinjaman di Kredivo vs Uang Teman

Sebagai fintech, Kredivo bukan cuma menawarkan pinjaman uang semata. Melainkan juga kredit instan dengan metode pembayaran 30 hari tanpa bunga atau cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan tanpa uang muka dengan suku bunga cuma 2,6% per bulannya.

Karena itulah, Kredivo memberikan sejumlah limit yang bentuknya nontunai kepada pengguna/pendaftar yang akunnya disetujui. Maksimal limit yang diberikan bisa mencapai Rp 30 juta dan akan berbeda-beda bagi setiap pengguna tergantung kondisi/profil pendaftarannya.

Saat ini, Kredivo udah banyak bermitra dengan e-commerce dan merchant supaya pengguna bisa bertransaksi. Kurang lebih ada 350 merchant yang kini jadi partner Kredivo. Yang online ada Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dll. Yang offline ada Erafone, Best Denki, Electronic City, Xiaomi, sampai McDonald. 

Pengguna yang udah punya limit, bisa bebas menggunakan limit sesuai kebutuhan asal masih mencukupi. Kalau butuh pinjaman, limit tinggal dicairin lewat fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Apa itu pinjaman mini dan pinjaman jumbo?

Dua jenis pinjaman tersebut adalah fitur yang disediakan oleh Kredivo secara resmi di bagian dasbor aplikasinya. Fungsinya tentu aja diperuntukkan bagi pengguna yang butuh dana darurat dan mau mencairkan limit yang dimiliki. Nah, pinjaman mini berlaku bagi pengguna yang butuh pinjaman dalam jumlah kecil: minimal 500 ribu dengan tenor pengembalian 30 hari aja. Kalau pinjaman jumbo, berlaku bagi pengguna yang butuh pinjaman dalam jumlah menengah hingga besar: minimal Rp 1 juta dengan tenor 3/6 bulan. 

Sementara uang teman adalah fintech P2P lending atau fintech yang memang memiliki satu produk aja, yaitu pinjaman uang online. Uang Teman membagi produk pinjamannya dalam tiga kategori, yaitu: 

  1. Pinjaman Sekali Bayar: minimum pengajuan Rp 1,5 juta dengan durasi pinjaman maksimal 70 hari atau 2 bulan. 
  2. Pinjaman Cicilan: rentang pinjaman mulai Rp 5 juta sampai Rp 20 juta dengan opsi tenor 3 atau 6 bulan. 
  3. Pinjaman Cicilan Ringan: rentang pinjaman mulai Rp 3,5 juta sampai Rp 10 juta dengan opsi tenor 3 atau 6 bulan. 

Tergantung lagi pada kebutuhan. Kalau mau yang all in one dan bisa digunakan di segala kondisi, Kredivo bisa dibilang lebih unggul. Kalau butuhnya cuma pinjaman uang, produk pinjaman yang ditawarkan Uang Teman bisa jadi alternatif. 

Tingkat suku bunga dan simulasi pinjaman di Kredivo vs Uang Teman

Yang saya suka dari Kredivo, informasi soal suku bunganya sangat transparan. Tingkat suku bunganya adalah 2,6% per bulan untuk produk cicilan dan pinjaman uang tunai. Ada juga yang 0% terutama buat produk bayar dalam 30 hari transaksi di merchant. Nggak pake basa-basi dan menggunakan istilah lain untuk “suku bunga”. Di situs maupun aplikasi Kredivo, kita bakal dengan mudah nemuin informasi perihal bunga. Jadi, pengguna nggak dibikin bingung. 

Agak beda dengan Uang Teman yang dalam situsnya menggunakan dua istilah untuk suku bunga yaitu “Biaya Layanan” dan “Bunga” yang menurut saya cukup membingungkan. Suku bunga di Uang Teman sendiri berkisar mulai 0,8% per hari (24% per bulan) untuk produk pinjaman Sekali Bayar; berkisar mulai 0,5% – 0,65% per hari (15% – 18% per bulan) untuk produk pinjaman Cicilan; dan berkisar mulai 0,2% – 0,3% per hari (6% – 9% per bulan) untuk produk pinjaman Cicilan. 

Diihat dari sini, Kredivo punya suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan Uang Teman. Kalau kita pengen tau berapa besaran pinjaman atau angsuran yang harus dibayar dari nominal tertentu, baik Kredivo atau Uang Teman sama-sama menyediakan kalkulator simulasi pinjaman. 

Saya pinjam uang di Kredivo sebesar Rp 2 juta lewat fitur pinjaman jumbo dengan tenor 3 hari. Hasilnya, total angsuran pinjaman saya sebulannya sebesar Rp718.670 (sudah termasuk bunga) selama 3 bulan. Kalau ditotal keseluruhan, pinjaman Rp 2 juta yang dikembalikan adalah sebesar Rp2.156.010. Pinjaman yang masuk rekening sebesar Rp1.880.000 karena dipotong biaya admin sebesar 6% dari total pinjaman atau Rp120.000. 

Untuk nominal pinjaman yang sama, di Uang Teman, produk pinjaman yang tersedia adalah Sekali Bayar. Dengan suku bunga 0,8% per hari dan tenor minimal 65 hari atau kurang lebih 2 bulan, total yang harus saya kembalikan adalah sekitar Rp3.040.000. Lumayan jauh berbeda dengan yang ditawarkan Kredivo. 

Cara pengajuan & lama pencairan pinjaman di Kredivo vs Uang Teman

Pendaftaran dan pengajuan pinjaman uang di Kredivo maupun Uang Teman dilakukan melalui platform aplikasi. Aplikasi Kredivo udah tersedia dan bisa didownload di Google Play Store atau App Store, sedangkan aplikasi Uang Teman sejauh ini baru tersedia di Google Play Store atau untuk pengguna Android aja. 

Cara pengajuan pinjaman di Kredivo agak sedikit berbeda dengan Uang Teman. Yang pasti, kita perlu daftar akun dulu. Kalau udah disetujui dan punya limit, maka pinjaman uang tunai baru bisa diajuin di Kredivo. Prosesnya nggak sampe 5 menit dan approvalnya pun lumayan cepet: minimal 1 x 24 jam. Siapa aja yang bisa daftar akun di Kredivo? 

  1. Orang yang berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dengan rentang usia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulannya. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Pengajuan pinjaman di Uang Teman bisa dilakukan pasca download aplikasinya melalui Google Play Store. Kita tinggal pilih produk pinjaman dan klik “Ajukan Pinjaman”, isi data diri pada form yang tersedia (dibutuhkan KTP dan selfie), lakukan tanda tangan digital, dan tunggu proses verifikasi pinjaman minimal 1 x 24 jam. Siapa aja yang bisa ajuin pinjaman di Uang Teman?

  1. WNI yang berdomisili di Jabodetabek, Yogyakarta, dan Surabaya (yang merupakan wilayah cakupan Uang Teman). 
  2. Berada di rentang usia 21 – 55 tahun. 
  3. Memiliki penghasilan minimal Rp 2,3 juta per bulan untuk yang berdomisili di Jabodetabek dan minimal Rp 2 juta di area lainnya. 
  4. Memiliki email dan rekening tabungan pribadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *