5 Tips Mengaturan Keuangan Yang Baik Dan Tepat

0 Comments

Langkah awal untuk mempersiapkan masa depan yang gemilang adalah cara mengatur keuangan yang baik. Karena uang yang kamu miliki akan habis jika tanpa menerapkan strategi yang baik. Ada banyak cerita yang sudah membuktikan hal tersebut, seperti salah satunya pengalaman Antonie Walker seorang bintang NBA yang awalnya meraih 108 miliar dolar AS sepanjang karirnya, tetapi pada tahun 2010 dinyatakan bangkrut dan justru menimbun banyak hutang.

Dikutip dari CNN, sang bintang NBA mengaku dirinya sudah menghabiskan banyak uang untuk hal hal yang tidak penting misalnya membeli barang barang mewah. Selain itu masih ada banyak kasus yang sama persis seperti karena boros mengelola uang, serta suka membeli asset yang salah dan berfoya foya.

Untuk bisa menciptakan masa depan yang bahagia, coba ikuti 5 tips mengaturan keuangan yang baik dan tepat dibawah ini :

  • Menabung

Mulai dari sekarang kamu harus langsung mulai menabung secara teratur setelah mendapatkan gaji bulanan. Coba sisihkan sekitar 20 % dari pendapatan bulanan untuk ditabung.

  • Memiliki Budget Pengeluaran

Supaya tabungan milikmu masih tersisa sebaiknya kamu memiliki budget pengeluaran. Kamu harus mulai melacak kebiasaan belanja serta pandai pandai dalam memilih mana anggaran yang penting dan tidak penting.

  • Belanja Secara Cermat

Sebaiknya sebelum belanja, kamu melakukan riset terlebih dahulu melalui internet untuk mengetahui perbedaan harga antara satu dan lainnya. Setelah itu kamu dapat memilih yang paling murah.

  • Membatasi Penggunaan Kartu Kredit

Bukan hal yang asing lagi jika saat ini memiliki kartu kredit. Kartu kredit memiliki banyak fungsi saat kamu berpergian keluar negeri atau belanja saat darurat. Tetapi meski begitu, sebaiknya penggunaan cicilan setiap bulannya itu harus dibatasi dengan besaran 30 % dari pendapatan.

  • Berinvestasi Bertahap

Setelah kamu menerapkan cara cara diatas secara disiplin, sekarang saatnya kamu untuk mulai berinvestasi secara bertahap. Sisihkan sebagian tabunganmu ke deposito, saham, ataupun instrument lain misalnya reksa dana dan P2P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *